Rumah Makan Torani - Stal Kuda.

Dulunya, RM. Torani ini jadi momok menakutkan bagi penguliner kaki lima kayak saya. Kesannya sih mahal gitu, dan takut ngeluarin duit agak banyak untuk sesuatu yang belum tentu cocok dengan lidah saya, atau mungkin juga karena seringnya artis-artis yang datang ke Balikpapan pada makan di RM. Torani.


Oke, suatu hari, melalui akun twitter @toranibpn, RM. Torani mengundang saya dan teman-teman admin akun twitter publik Balikpapan untuk mencicipi makanan di RM. Torani sekaligus Silaturrahim. Ah, saya suka ini! Tapi ketika itu, teman-teman pada nggak bisa hadir. Jadi hanya @dapurbalikpapan & @anakmudabpp saja yang menghadiri undangan mereka. Dan akhirnya, setelah undangan itu, karena cocok rasa dan harganya, saya jadi rajin ke RM. Torani, haha!

RM. Torani terletak di Jl. Jendral Sudirman, kompleks Rumah Tahanan Stal Kuda, pas di seberangnya Pengadilan Negeri Balikpapan. Jadi, RM. Torani ini adalah rumah makan spesialisasi Bandeng Bakar Tanpa Duri, Kepiting Saos & Steamboat. Bandengnya benar-benar tanpa duri, karena durinya emang dicabut secara manual. Behh, nggak kebayang tuh gimana bosennya abang-abang yang nyabutin duri bandeng yang konon berjumlah 140 duri dalam 1 ekor bandeng. 


Bandeng Bakar RM. Torani ini struktur rasanya manis, dan kenikmatannya meningkat 87% kalau dicocol dengan sambel terasi atau dabu-dabu, fufufu. Seporsi Bandeng Bakar ini dibanderol IDR 22k, include nasi putih, sayur asem, lalapan, sambel terasi, dabu-dabu & es teh. :3

Bandeng Bakar Tanpa Duri ~ IDR 22k
RM. Torani juga spesialisasi Kepiting Saus, dan yang saya favoritin disini adalah Kepiting Telur Saus Lada Hitam. Aih, sausnya uendang bambang gurindang! Begitu telur kepiting & sausnya saya lumat, dududu.. Muankyuss! Seporsi besar ini mungkin cukup untuk 2-3 orang. dan harganya IDR 125k.

Kepiting Telur Saus Lada Hitam ~ IDR 125k
Untuk steamboat, RM. Torani buka 24 jam. Kalau untuk orang yang nggak suka ribet, sangat tidak cocok untuk menyantap steamboat ini. Karena untuk menyantapnya, diperlukan kesabaran. Merebus ini-itu dan memanggang ini-itu, baru deh bisa disantap. 

Dulunya RM. Torani memakai sistim All You Can Eat hanya dengan IDR 60k/orang. Tapi sekarang mereka pake sistim per-pack. Kepiting, daging, ikan, udang, ayam, bakso, sosis, sayuran, buah dll, semua di-pack dan diberi label harga di pack-nya masing-masing, jadi lebih terjangkau. Pack yang paling mahal adalah kepiting, IDR 15k. Selain kepiting, harganya dibawah dari harga itu. 

Untuk steamboat, disediakan berbagai macam saus untuk teman cocolannya, antara lain saus padang, saus asam manis, saus lada hitam, bumbu sate, dll, dan favorit saya lagi-lagi jatuh ke saus lada hitam-nya. Oiya, untuk steamboat, nasi-nya gratis. :3

Steamboat RM. Torani
Varian Saus & Steamboat Pack RM. Torani

Satu lagi favorit saya di RM. Torani, Pepes Rajungan! Ah, ini mah dimakan pake nasi panas aja ude enak banget. Isinya pure daging rajungan, dan ada sedikit daun kemangi. Enak! Sebungkus Pepes Rajungan ini dihargai IDR 7k, ah saya mah di-upahin segitu buat misahin daging & cangkang rajungan-nya juga ogah, abis murah banget. :3  


Pepes Rajungan RM. Torani
Pepes Rajungan RM. Torani ~ IDR 7k
RM. Torani juga sering banget ngasi diskon sampai dengan 50% untuk Steamboat, lho. Follow twitter @toranibpn untuk info. Overall, RM. Torani ini very Recommended! Nggak takut lagi deh kesini. :3


Oh iya, tanggal 15 Nopember kemarin RM. Torani kembali mengundang saya dan teman-teman admin akun publik & akun komunitas di Balikpapan, yang hadir antara lain, admin @iklanBPN@dapurbalikpapan@BpnBlogger@KamusBalikpapan@anakmudabpp@borneonsdonate@StandUpBpp, @kaskusBPP, @NBCBalikpapan dan @Balikpapanku. Ini beberapa foto Mini Gathering kemarin.


Para admin @BpnBlogger, @iklanBPN, @Balikpapanku, @borneonsdonate & @dapurbalikpapan


Para admin @StandUpBpp, @kaskusBPP, @KamusBalikpapan & @NBCBalikpapan

Oke, akhir cerita, terima kasih banget buat Bang Jaka selaku owner RM. Torani, yang sudah mengundang kami para admin akun twitter publik & komunitas di Balikpapan. Semoga kualitas makanan RM. Torani selalu terjaga & konsisten, juga pendekatan ke konsumen melalui akun twitter @toranibpn bisa sukses. Bravo!




Notes: 

  • Foto yang saya Photomark @toranibpn, saya ambil dari akun twitter @toranibpn dan dengan seizin adminnya.
  • 2 foto para admin diambil dari laman flickr mas @bariyanto.


8 comments:

  1. Itu untuk hitungan ribu, kak. 10k = 10.000, 100k = 100.000. :)

    BalasHapus
  2. keren reviewnya! saya kelahiran balikpapan, besar di balikpapan, tapi belum pernah sama sekali ke torani. berkat twitter dapur balikpapan, saya baru tau tentang tempat ini. *angkat jempol*

    BalasHapus
  3. Hihihi, terima kasih. Cobain lah. Kalo berkuliner, jangan lupa share ke kami yah! 3

    BalasHapus
  4. Sy sih sdh lama suka makan disini (sombong :) ) krn mmg makanan n harganya pas dikantong :). Sama, yg plg kusuka bandeng duri lunak, pepes rajungan, kepiting atau udang lada hitam. Dan sejak ada diskon 50% pake kupon Kaltim Pos senin n selasa jd lbh sering makan steamboatnya :)

    BalasHapus
  5. Ralat, mas. Bandeng tanpa duri, bukan duri lunak. :))

    BalasHapus
  6. Kami sudah ganti username twitter kak, menjadi @RM_Torani ^_^ Terima kasih kakak-kakak yang udah dateng

    BalasHapus
  7. gak sengaja ktm blok ini..rindu balikpapan oi !,sy asli org kutai..lahir di balikpapan, tp besar dan cari makan di sumatera..persisnya di dumai...mampir sebentar di palembang...udah 25 tahun gak balik to my kampong..insyaallah mampir ke rm.torani ini ? ada yg bisa ksh rekomend RM Banjar gak? dg soto banjarnya itu? di dumai susah bgt cr masakan ini...gunung pipa,rapak, dubs,apa kbr ya? ku kan kembali !

    BalasHapus

 
  • Dapur Balikpapan © 2012 | Designed by Rumah Dijual, in collaboration with Web Hosting , Blogger Templates and WP Themes