RM. Torani: Barometer Kuliner Balikpapan!

Rasa-rasanya tidak terlalu berlebihan kalau saya menyebut RM. Torani sebagai Barometer Kuliner Balikpapan. Balikpapan memang terkenal dengan Seafood-nya, dan RM. Torani sendiri juga salah satu Rumah Makan yang menyajikan menu olahan Seafood terlengkap di Balikpapan, dan tentunya dengan harga yang sangat terjangkau.

Lokasi strategis, area rumah makan nyaman, dan tempat parkir yang luas memang sangat memanjakan para pemburu Kuliner Balikpapan yang ingin menjajal Rumah Makan yang sudah berdiri sejak tahun 2006 di daerah Stall Kuda ini. Dalam kurun dua tahun terakhir, RM. Torani cukup berhasil menarik minat para konsumen, khususnya lewat social media. Ya, sekitar September 2011, RM. Torani meluncurkan akun twitter official mereka yang awalnya @toranibpn, dan sekitar awal 2012 berubah menjadi @RM_Torani. Mereka menyadari bahwa social media ini adalah sarana marketing yang sangat tepat di zaman serba informatif ini. Beberapa waktu yang lalu RM. Torani juga baru merilis website-nya, bisa dilihat di www.toranifood.com. Hasilnya, setahun terakhir ini RM. Torani berhasil menginvasi area di luar Balikpapan. Sekarang RM. Torani sudah punya cabang di Sampit, Batu Licin, dan Banjar Baru. Wouhoo!

RM. Torani mempunyai area yang sangat luas, yang mungkin bisa menampung sekitar 400 orang. Disediakan juga layar besar yang memungkinkan kita untuk nonton bareng sebuah acara televisi ataupun pertandingan sepakbola. Fasilitas lain yang sangat penting semisal toilet dan musholla juga tersedia di Rumah Makan ini.

Salah satu menu RM. Torani yang begitu saya sukai adalah Pepes Kepiting. Pepes ini murni terbuat dari daging kepiting yang dipisahkan dari cangkangnya, dicacah, kemudian dicampur dengan bumbu tertentu seperti cabai dan kunyit, sehingga rasanya menjadi lil a bit spicy dengan aksen kunyit menyengat. Rasanya agak sedikit kenceng di lidah, tapi tetap enak, karena semua isinnya ini pure daging kepiting. Duh, makan kepiting jadi dimanjakan banget sama menu RM. Torani satu ini. 



Dengan ditemani nasi putih hangat plus sambel khas Torani, saya bisa menghabiskan tiga sampai empat bungkus Pepes Kepiting ini sekaligus. Bhahak! Selain Pepes Kepiting, Bandeng Bakar Tanpa Duri RM. Torani pun jadi primadona para pemburu Kuliner Balikpapan. Tapi kali ini, terus terang saya sedang males makan ikan-ikanan. Menu lainnya, saya memesan Kepiting Telur Saus Lada Hitam. Di RM. Torani tersedia Kepiting Super dan Kepiting Telur, masing-masing dihargai 115k dan 135k.



Setelah mencolek sedikit saus lada hitamnya, duh Gusti.... Saya bersyukur banget tinggal di Balikpapan yang di salah satu jengkal tanahnya berdiri sebuah Rumah Makan bernama Torani ini. Bhahahak! Enak! Luar biasa enak! Ini baru nyicip sausnya, belum lagi daging kepitingnya. :))

Pedas lada hitamnya ini bermain-main di area lidah sampai tenggorokan, pedasnya pun tidak terlalu menyerang, padahal lada hitamnya begitu terasa. Suka! Kepitingnya berukuran besar, bersih, juga tidak amis. Sangat mudah meremukkan cangkangnya dengan bantuan alat seperti tang yang disediakan Torani.

Terakhir, saya mencoba Lobster Saus Asam Manis. Saya cukup beruntung, karena menu Lobster ini tidak selalu tersedia di RM. Torani, mungkin karena bahan baku yang susah didapatkan. IMHO, enaknya suatu sajian bersaus itu sangat dipengaruhi dengan rasa saus itu sendiri, dan RM. Torani sangat beruntung punya koki handal yang bisa membuat saus seenak ini. Ya, ini enak banget! Sukaaaa aa aaaa~



Lobster ini berukuran medium yang kira-kira beratnya sekitar 3 ons, dibakar dengan tingkat grill-mark tertentu, kemudian diguyur saus asam manis yang semlehoi. Uh! Rasa asam dan manis sausnya lebur menjadi luar biasa enak ketika disantap dengan Lobsternya. Dagingnya tidak terlalu kenyal, empuk, sangat mudah dipisahkan dari cangkangnya. Aaaaaaahh, makan malam yang sempurnaaa! All hail Toraniii!

Ini saya yang sedari kantor belum sempat pulang ke rumah, langsung ke RM. Torani bareng mas @inijie, suhu Food Blogger Indonesia asal Balikpapan, dan @pakdeherrie, seorang Food Photographer Balikpapan. Yeah yeah we are awesome and you're not! \0/ #terpinamoosh





Rumah Makan Torani
Jl. Jend, Sudirman No. 73, Stal Kuda,
Seberang Pengadilan Negeri, Balikpapan.
0542.761250 - BB 26B89E3B
www.toranifood.com
Twitter: @RM_Torani

Price,
Pepes Kepiting - 7k
Kepiting Telur Saus Lada Hitam - 135k
Lobster Bakar Saus Asam Manis - 75k
Nasi Putih (All You Can Eat) - 5k

Rating,
Pepes Kepiting - 8/10
Kepiting Telur Saus Lada Hitam - 8/10
Lobster Bakar Saus Asam Manis - 9/10
Place - 7/10

7 comments:

  1. woooow, ulasan yang mantap!
    foto-fotonya juga menarik, bikin ngiler! :9

    BalasHapus
  2. mantap min! semuanya favorit saya kalo ke torani.
    udah makanannya enak2, harga nya juga terjangkau. :D

    BalasHapus
  3. mudah-mudahan menang ya! bagus reviewnya!

    BalasHapus
  4. Boss, ini serius lobster nya cuma 75.000?

    BalasHapus
  5. boss butuh udang lobster atau kepiting...?.bisa hub saya di bbm 56B7DE16

    BalasHapus

 
  • Dapur Balikpapan © 2012 | Designed by Rumah Dijual, in collaboration with Web Hosting , Blogger Templates and WP Themes