Steamboat RM. Torani: Kuliner Balikpapan Kekinian

stimbut

Kehadiran Steamboat RM. Torani ini memang membawa angin segar di dunia kuliner Balikpapan kekinian. Sangat jarang rumah makan lokal yang menyediakan menu ini, bahkan rasa-rasanya belum ada. Steamboat Torani ini memang memiliki daya tarik tersendiri. Beberapa teman dari luar kota sering sekali meminta saya menemani ke Torani untuk menyantap Steamboat. Sebenarnya saya sedikit berkeberatan untuk menemani mereka-mereka ini..  berat untuk ditolak. (--,)

Well, beberapa waktu lalu baru saja saya menjejakkan kaki ke Torani. Rumah Makan yang menurut saya paling populer di ranah Media Sosial Twitter Balikpapan saat ini. Saya nyobain Steamboat-nya, dong! Sebenarnya steamboat ini menu lama, tetapi baru saja dilaunching kembali setelah meniadakannya selama berbulan-bulan.

Banyak perubahan yang terlihat di area Steamboat Torani. Penempatan menu-menu olahan Steamboat dikemas lebih baik. Torani menggunakan beberapa freezer besar yang disusun sedemikian rupa, sehingga memudahkan pelanggan untuk memilih apa saja yang hendak dimakan. Keberadaan freezer juga menjadikan menu-menu Steamboat jadi lebih tahan lama, dan pastinya lebih segar.

DSC02559 copy
Rajungan, Kerang Simping, Udang, dll..

Banyak menu-menu baru yang terlihat, yang sebelumnya tidak pernah ada. Aneka siomay, baso-basoan, dimsum-dimsuman, tahu-tahuan, dan lain-lain. Beberapa yang menarik perhatian saya, ada sayap dan fillet ayam berbumbu kuning. Wah, sebelumnya juga gak ada. Hmm. ini pasti enak banget kalau dipanggang.  Ah, can't wait! 8'9

Eh, semua ini boleh dimakan kah, Dap? Boleh, dong! Ya, Torani masih mengusung sistim All You Can Eat untuk menu Steamboat ini. Untuk orang dewasa dipatok harga IDR. 97.500, dan IDR 50,000 untuk anak usia 5-10 tahun. Harganya memang sedikit lebih mahal dari sebelumnya, tapi di sini customer lebih terpuaskan dengan menu yang lebih beragam, juga dapat minum dan es krim sepuasnya. :D


DSC02559 copyy copy
Aneka Baso, Somay, Tofu, Dimsum, dll..

Kalau datang ke Torani untuk Steamboat, janganlah datang sendirian. Bisa dipastikan suasana makannya tidak lah asik. Asiknya makan Steamboat ini baru terasa kalau disantap ramai-ramai, dengan keluarga atau teman-teman. Trust me.

Kebetulan, saya kemari dalam rangka #SteamboatHore dengan teman-teman admin twitter publik/komunitas Balikpapan. Ada admin @visitbalikpapan, @iklanbpn, @NBCBalikpapan, @FireFighterBpn, @Bppn_Doeloe, @Balikpapanku, @kotabaIikpapan, @anakmudabpp, @sekolah_rakyat, @donorbpn, @StandUpBPN, @WarungDostep, dll. Pokoknya rame banget, lah.. Seru! :D
DSC00042 copy
DSC00048 copy
Capulette Montague -- Band Glamcore Nanggung
DSC00045 copy
Lelek & Bulek Warung Dostep
DSC00046
The Mimins

Kurang lebih sama kayak dulu, wadah rebusan Steamboat Torani dibagi dua. Satu untuk kuah Tom Yam, satunya untuk kuah Sup. Kuah Tom Yam lebih cocok untuk merebus seafood semacam udang, cumi, dll. Sedang sisanya bisa dimasukkan ke kuah Sup, kecuali beberapa menu yang mau dipanggang.

Dari semua menu Steamboat di sini, saya paling suka daging yang dipanggang, terus dicocol saus lada hitam-nya Torani yang juaraaaaaaaaaaaaa banget itu. Ah, sebenernya apapun yang dipanggang kalau cocolannya saus lada hitam itu ya jadi enak aja. Kekuatan rasanya memang ada di sausnya. Sukak, deh. 8'9
DSC025597
Aneka macam Jejamuran, Baso, Somay, Tofu, Daging, Cumi, dan isian Steamboat yang lain..
DSC025598
Bukak cuma bisa direbus, tapi juga bisa dipanggang!
DSC025599
Kerang Simping & Baso Berlumur Saus Lada Hitam. YUM!
ENAK, ENAK, ENAK, ENAAAAAAK BANGET! KENYANG! BAHAGIA! :'''')

Masih ada lagi kebahagiaan dalam sesi #SteamboatHore ini, ES KRIM SEPUASNYAAA! WOHOO! Selain makan dan minum sepuasnya, Torani memang menyediakan es krim dalam paket Steamboat-nya. Untuk sementara ada es krim cokelat dan stroberi. Kita diperbolehkan mengambil berkali-kali, di wadah yang berbeda-beda, sebanyak mungkin, sepuas mungkin. Aduduh.. Torani ini.. :')

Habis menyantap Steamboat dengan beraneka kuah sup, aneka saus, apalagi saus lada hitam yang pedasnya menggigit, emang makan es krim udah yang paling bener. Udah gitu boleh ngambil sepuasnya, pulak. :')

Ini diulang mulu "boleh ngambil sepuasnya" nya karena kayak masih gak percaya gitu.. Bhahahak! Norak lo, Dap. Kek gak pernah makan es krim aja.

DSC00049 copy
Iya, pernah sih pernah. Tapi coba ingat, apa dulu pernah dibolehin makan es krim sepuasnya? Gak pernah. Es krim memang makanan peka jaman. Dari kita masih kecil sampai udah segede brontosaurus hamil gini masih tetep aja doyan es krim.

Yaa.. semoga aja gitu.. kedepannya varian es krim di Torani lebih variatif. Ada Macadamia Nuts kek gitu, Green Tea kek, Belgian Chocolate kek.... Ngelunjak.

Overall, kita-kita pada puas banget dong sama Steamboat di Torani ini. Harga IDR 97.500 perorang untuk semua yang disediakan ini sangat layak. Apalagi dapat diskon followers 10%. Jadinya ya cuma bayar 80 ribuan perorangnya.

Jadi, untuk dapet diskon followers 10% ini kita cukup follow akun @RM_Torani di twitter, terus konfirmasi kalau kita followers @RM_Torani ke kasir saat akan bayar.

Well, RM. Torani sudah sangat pantas menjadi barometer kuliner Balikpapan yang memang dikenal khalayak umum sebagai surganya seafood. Selain Steamboat-nya yang aduhai, masih banyak lagi varian kuliner seafood yang ada di sini. Mungkin bisa baca postingan saya sebelumnya tentang Torani di sini.

Jadi, kapan mau nyobain Steamboat di Torani?

Rumah Makan Torani
Jl. Jend. Sudirman No. 73
Komplek Rutan, Stall Kuda,
Balikpapan
0542 - 761250
Open 9 am - 2 am.

Price
Dewasa - IDR 97,500/orang
Anak Usia 5-10 Tahun - IDR 50,000/anak
Anak Di Bawah 5 Tahun - Free
---
FYI SEJAK FEBRUARI 2014 HARGA STEAMBOAT ALL YOU CAN EAT UNTUK DEWASA TURUN JADI IDR 67,500 AAAAAKKKKK!

NB: Untuk harga promo IDR 67,500 ini, RM. Torani meniadakan minum all you can drink. Jadi hanya include Steamboat & Ice Cream All You Can Eat. 

Sekiyan.

4 comments:

 
  • Dapur Balikpapan © 2012 | Designed by Rumah Dijual, in collaboration with Web Hosting , Blogger Templates and WP Themes