Coto Makassar Marannu: Sajian Sedap Dari Kota 1000 Indomaret

marannu
Bagi yang sudah lama gak berkunjung ke Samarinda, atau bahkan yang sama sekali belum pernah ke sana, pasti bingung dengan post title saya kali ini. Kenapa dengan Indomaret, Dap? Kok namanya diseret-seret? Haha! Dalam setahun terakhir ini, Indomaret sedang mengekspansi Samarinda besar-besaran. Sekali menginjak gas, dua-tiga Indomaret terlampaui. Tampaknya memang Samarinda mesti mengganti tagline Kota Tepian menjadi Kota 1000 Indomaret.

Nah, Coto Makassar Marannu ini memang produk asli Samarinda, dan konon (kata teman-teman saya di sana) Coto ini adalah yang paling enak di Samarinda. Bahkan ada teman saya dari Makassar yang menanyakan ke saya, apa bener Coto Makassar Marannu ini memang bener enak.

Hmm.. Sekitar 1,5 tahun yang lalu, saya pernah nyoba Marannu di Samarinda. Rasanya jauh dari ekspektasi saya akan Coto Makassar yang aduhai nan famous itu. Overrated, atau mungkin juga saya lagi sial kena racikan yang kurang oke. Ah, apapun itu, hampir mungkin saya gak akan balik ke sana lagi, gumam saya kala itu. Apalagi dengan kondisi ketupat yang tidak lah gratis kayak di Balikpapan.

Nah, ketika tab mention saya ramai dengan kicauan para tweeps yang membicarakan Marannu yang baru buka di Balikpapan beberapa bulan lalu.. ah, saya gak terlalu excited. Yaa.. pengalaman dari Samarinda, mungkin. Banyak yang bertanya. Enak, kah? Recommended, kah? Ya saya jawab apa adanya pengalaman di Samarinda, Eh, tapi gak tau ada angin apa, kemarin bisa-bisanya saya mampir ke sini. Ahahaha! Entah, mungkin karena beberapa hari sebelumnya sering lewat sini, dan tampak sangat ramai. Ah, sesuatu yang ramai itu memang mengundang penasaran dan selalu memakan banyak korban, saya salah satu korbannya.
DSC02320 copy
Surprised, tempatnya cozy banget! Mungkin, bisa aja jadi tempat makan Coto Makassar paling cozy di Balikpapan. Parkiran luas, tempat strategis, gak begitu jauh dari rumah, full-furnished, pulak. Ah, sukak! Secara lokasi dan kenyamanan tempat memang sangat jauh berbeda dengan Marannu Samarinda. Lokasinya di Jl. MT. Haryono, sebelah Ruko Balikpapan Baru yang paling ujung (Xerox Fotocopy).
Eh, bagaimana dengan rasa? Okay, we'll see.
DSC02292 copy
Hmm, Marannu Balikpapan dan Samarinda masih berpegang teguh di satu benang merah rasa yang sama. Ada rasa rempah tertentu yang sama persis dan sangat otentik. Lha jelas aja, wong ini cabangnya. :D Eh, tapi secara keseluruhan Marannu Balikpapan lebih tasty. Dari tekstur dan kekentalan kuah, Marannu Balikpapan juga lebih unggul. Saya gak tahu kenapa, harusnya sih gak jomplang begini rasanya. Marannu Balikpapan jelas sangat enak. Fyi aja, dalam seminggu terakhir saya sudah dua kali ke sini. :D

Di Marannu ini, kita selalu dapat ekstra bawang tanpa diminta. Asik-asikk.. Tapi sayangnya, ketupatnya tidak lah gratis, sama kayak di Samarinda, kita mesti menggelontorkan duit dua ribu rupiah per ketupatnya. Duh, Pak SBY mesti cepat-cepat menelurkan Undang-Undang yang menggratiskan Ketupat Coto Makassar, nih. :(
DSC02300 copy
Yang paling saya sukai dari Marannu adalah, potongan dagingnya yang besar-besar, dan banyak bagian otot-nya! Itu tuh, yang kayak tetelan itu, tapi dia bening-bening mengkilap, duh.. ini enak banget aselik! Dalam mangkuk ini sangat banyak daging bertempelkan otot yang saya temui.

Memang, makanan tipikal Sup yang menggunakan daging, keberadaan otot sangat meningkatkan cita rasanya. Baik Coto Makassar, Soto Betawi, ataupun Rawon. Kalau bisa memilih, saya lebih suka makan Coto-Cotoan yang menggunakan daging sapi berotot semuanya, tanpa potongan daging yang murni daging. :D
DSC02395 copy
Eh, sambel di Marannu ini enak, lho. Teksturnya halus banget. Semacam diblender sehalus mungkin. Tapi teksturnya kental, gak cair (karena ditambah air) kayak di warung Coto Makassar-Coto Makassar lain yang di situ, tuh.. Ah, kalian pasti tau, deh. 

Terus, keberadaan vetsin yang biasa tersedia di warung Coto Makassar gak disediakan di sini. Entah, apa kuahnya emang udah dikasih vetsin lebih dulu, atau mungkin keberadaan vetsin gak begitu deperlukan, saya kurang tahu. Toh, setiap makan Coto Makassar, saya juga gak pernah menambahkan vetsin di dalamnya. Hanya perlu sedikit garam, sambel, kecap, dan perasan jeruk nipis yang semuanya tersedia di sini.
DSC02316 copy
Overall, untuk daerah selatan Balikpapan, mungkin Coto Makassar Marannu ini yang rasanya paling megang banget. Gak perlu galau parkir, tempat parkir Marannu sangat cukup walaupun kamu kemari mengendarai Bus. Tempatnya strategis, bersih, nyaman, adem, pelayanan cepat. Lantas, apalagi yang kamu perlukan untuk makan Coto Makassar dengan nyaman? Ah, tentu saja ketupat gratis. Andai saja Marannu menggratiskannya, saya akan dengan senang hati mampir kemari 3-4 kali dalam seminggu.

Coto Makassar Marannu
Jl. MT. Haryono,
Sebelah Ruko Balikpapan Baru,
Balikpapan
.
Price,
Coto Makassar - IDR 17,000
Ketupat - IDR 2,000
Es Teh - IDR 5,000
Air ES - IDR 1,000
.
Featured image by @ninokiee

0 comments:

Posting Komentar

 
  • Dapur Balikpapan © 2012 | Designed by Rumah Dijual, in collaboration with Web Hosting , Blogger Templates and WP Themes