Menyantap Nasi Kuning Manado di Balikpapan

Suatu pagi di perjalanan ke kantor sekitar akhir syawal lalu, saya melihat sebuah motor gede dengan banner bertuliskan nasi kuning manado. Lokasinya di daerah sekitar seberang jl karang bugis, tepat di depan seng-seng sebelah sekolah dasar di sebelah tugu adipura gunung kawi. #sebelahception


Langsung teringat sebungkus nasi kuning manado hautjek terbungkus daun lontar sebagai oleh-oleh tante saya dari manado tempo hari. Tapi…. ini lagi puasa syawal hari kedua! Ya, lagi puasa. #langsunggalau

Setiap pagi di perjalanan ke kantor, saya selalu melewati tempat nasi kuning manado ini ngetem, tapi ya masih puasa syawal gitude. Maklum, laki-laki kayak saya emang suka ngelakuin sesuatu itu pas injury time. Akhirnya, beberapa hari setelah syawal, saya mampir untuk beli nasi kuning manado ini untuk bekal sarapan di kantor.





Dugaan saya tepat, bungkusnya tidak menggunakan daun lontar seperti nasi kuning manado dari tante saya tempo hari, melainkan bungkus nasi biasa pada umumnya. “Agak ribet Mas kalau mesti didaun-lontarin”, aku mas penjualnya.


Ketika saya buka, hmm.. Saya temukan telur, bihun, sambal, abon & cakalang yang disuwir. Porsi nasinya lumayan sedikit nih, harusnya dengan harga IDR 9k/porsi, bisa dapet lauk telur satu biji utuh lah ya, ini telurnya setengah, cyint. Iya setengah, kayak saya beli nasi kuning deket rumah waktu jaman SD dulu. Bisa pakai telur setengah, bahkan seperempat. : ))

Nasi Kuning Manado - IDR 9k
Rasanya gimana? Enak! Enak banget malahan, setelah saya aduk semua komposisi di dalamnya. Sambelnya pedas menggigit. Rasa pedas itu yang mengangkat rasa nasi kuning ini sampai sedemikian nikmat. Tapi, lauknya ini sangat-sangat kurang. Walau dibantu abon & cakalang suwir, separuh butir telur ini tidak mampu menemani nasi supaya habis secara bersamaan. Selalu lauknya habis duluan. Karena nasinya enak, mungkin ‘dosa’ lauk yang sangat kurang ini bisa sedikit terampuni.

Oya, di seberang atm-atm balikpapan baru juga ada penjual nasi kuning manado. Orang yang berbeda, tapi produknya sama. Mereka bersaudara. Untuk waktu jualannya, di seberang atm Balikpapan baru ini jualan dari senin sampai sabtu, start 7 am sampai ludes. Sedang di tempat saya beli, doih jualan tiap hari, senin sampai  minggu, start 7 am sampai ludes. Untuk contact person nasi kuning manado ini, bisa ke 085347402566 & BB 28FF1D7E.

0 comments:

Posting Komentar

 
  • Dapur Balikpapan © 2012 | Designed by Rumah Dijual, in collaboration with Web Hosting , Blogger Templates and WP Themes