Soto Banjar Kuin Abdhu - Gunung Sari

Jangan berharap menyantap soto ini ketika sarapan ataupun makan siang, karena mereka baru buka pukul 14.30 siang menjelang sore hingga menjelang tengah malam sekitar pukul 23.30. Letak warungnya cukup strategis, di Jl. A. Yani, gunung sari, pojokan gang gamma. Hanya parkiran untuk mobil yang agak susah disini, karena posisi warungnya pas di tempat puteran mobil. Tukang parkir disini pun harus bekerja keras mengatur lalu-lintas yang agak macet di sore hari akibat parkiran kendaraan pelanggan Soto Kuin ini.


Ayah saya kalo makan di sini suka mesen Nasi Sop, dan selalu ngomel sama si penjualnya, karena setiap kita pesen selalu ditanya "Pake nasi atau ketupat?". Padahal dalam adat banjar (menurut ayah saya yang memang orang banjar tulen) kalau nasi sop ya selalu pake nasi, kalau pake ketupat namanya Soto. 

Jadi perbedaan Soto Banjar sama Soto Kuin ini terletak di kuah & perkedelnya. Soto Kuin selalu lebih nampol gurihnya dibanding Soto Banjar dan Soto Kuin selalu memakai perkedel singkong & didampingi sate ayam dalam menyantapnya, tapi saya orang yang suka aneh kalo makan soto didampingi sate, jadilah saya memesan soto tanpa satenya. Tidak lama saya menunggu, akhirnya datanglah sepiring soto ini. Wah! :3

Soto Banjar Kuin ~ IDR 12k
Oke, si penjual nggak segan-segan dalam menaburkan bawan goreng. Banyak! Suwiran ayamnya tebel-tebel, banyak pula, puas pokoknya. Piring saya selalu bersih ketika selesai makan disini, karena kuahnya pun buat saya terlalu enak untuk disisain. Hahaha. Mungkin satu kekurangan Soto Kuin ini, kurang banyak! Ketika dalam keadaan laper, saya bisa menghabiskan dua-tiga porsi Soto Kuin ini, dan memang pernah saya lakukan. :))

So guys, Soto Banjar Kuin ini sangat-sangat recommended nih, buat kalian santap. Seporsinya dibanderol IDR 12k, cukup murah saya kira. :3

3 comments:

  1. wah, aku sring tak ketemu soto banjar di balikpapan - dulu ada di pasar rapak - jadi kalau pulkam yah nikmati bubus ayam smd aja

    BalasHapus
  2. Pernah jg makan disitu sama teman" kerja as lg holiday.. Sebagai org jawa merasakan soto banjar kuin + satenya.. Omaigat enak pake banget 😋 recommended

    BalasHapus

 
  • Dapur Balikpapan © 2012 | Designed by Rumah Dijual, in collaboration with Web Hosting , Blogger Templates and WP Themes